Bel pintu rumah

Pernah merasa jengkel saat berdiri terpaku menunggu pintu rumah teman, sahabat atau rekan bisnis? padahal bel pintu sudah berkali-kali di tekan. Atau justru sebaliknya, kamu kehilangan momen dan kesempatan berharga hanya karena mengetahui keberadaan tamu di depan rumah.

Keberadaan bel pintu menjadi sia-sia jika tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, memperkaya pengetahuan bagaimana memahami peranti penting tersebut akan sangat berguna.

Nah untuk mengatasi persalahan pada bel listrik, kita perlu mengetahui proses kerjanya secara umum. Cara kerja bel listrik sebenarnya cukup sederhana. Prinsipnya, sebuah kumparan dililitkan pada inti besi agar diperoleh magnet yang berbeda saat dialiri arus listrik. ini pengalaman di rumah saya. Posisi kumparan magent tersebut ada diantara dua buah kotak suara. Saat saklar ditekan, magnet tersebut akan bergerak cepat menyambung arus listrik yang akhirnya menghasilkan suara.

Saat bel tidak berfungsi, anda bisa mencoba mengatasinya sendiri. Sediakan obeng, alat pembersih (alkohol dankapas atau tisu yang lembut), selotip khusus listrik.

Langkah pertama, periksa apakah tombolnya yang menjadi sumber masalah. Buka penutup bel pintu dan bersihkan daerah sekitar tombol dengan menggunakan kapas atau lap lembut dan alkohol. Usap perlahan dan jangan terlalu kasar. Bisa juga menggunakan sikat gigi tidak terpakai untuk menjangkau area sempit. Setelah bersih, cek dengan menggunakan obeng apakah bel anda berbunyi. Tutup kembali kovernya dan selesai sudah.

Lalu, bagaimana jika belum berhasil? Langkah kedua, cek kabel yang mengalirkan listrik apakah masih layak pakai atau tidak. Kadang juga tuh kabelnya cacat alias digigit tikus dan rusak. Jika belum memiliki pengganti, cukup gunakan selotip khusus listrik sebagai penutup sementara.

Nah jika belum berfungsi dengan cara tersebut, coba periksa kondisi wire connectornya, apakah terpasang sempurna atau ada kabel yang mungkin terlepas. Bersihkan rangkaian internal bel juga dengan alkohol dan kapas lembut. Tutup kover dan tes kembali apakah bel sudah berfungsi.

Debu dan kotoran sering membuat suara bel menjadi tidak nyaring, karena itu pembersihan harus dilakukan dengan rutin. Nah, bersiaplah membuka pintu saat bel berbunyi dan sambut tamu-tamu kita dengan senyum. :)